expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 28 Januari 2015

Bedanya, Perempuan Laki-laki

Bedanya, Perempuan dan Laki-laki
Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit bercerita tentang bedanya perempuan dan laki-laki menurut penelitian-penelitian yang dirangkum oleh Blakemore, Berenbaum & Liben (2009) “Gender Development”. Namanya juga hasil penelitian, bisa aja beda dengan kondisi Anda. Lha, namanya juga penelitian toh beda subyek bisa beda hasil, tapi bisa beri gambaran.
Kalau bicara tentang beda perempuan laki, kita bicara tentang biologis & perkembangan motorik, kognitif, juga beda PL sosial  kepribadian. Apa saja itu? Ayo kita bicara satu per satu.
Beda perempuan laki, biologis adalah perbedaan dari sisi fisik, tubuhnya. Apa aja beda biologis? Beda perempuan laki dari sisi biologis,
1.      Kromosom, kalau perempuan XX, laki YY
2.      Hormon, perempuan lebih banyak estrogen, laki lebih banyak testosteron
3.      Alat kelamin, laki-laki = penis, perempuan= vagina
4.      Pertumbuhan tinggi & berat, laki lebih cepat daripada perempuan
5.      Usia mulainya pubertas, perempuan menstruasi lebih dini dibandingkan laki-laki mulai mimpi basah
Gimana dengan kemmapuan motoriknya? Laki-laki lebih tinggi kemampuan motorik kasarnya, sementara perempuan kemampuan motorik halus. Kemampuan motorik kasar adalah yang menggunakan kaki & tangan. Misalnya lari, lompat, manjat, berenang, dll. Kemampuan motorik halus adalah yang menggunakan jari-jari. Misalnya mewarnai, menjahit, meronce, main piano, dll. Walaupun ada perbedaan kemampuan motorik kasar & halus secara umum, anak perempuan & laki-laki harus distimulasi untuk semuanya ya. Nah kalau itu tadi kita bahas beda perempuan laki-laki dari segi biologis, sekarang kita bahas bedanya dari segi kognitif (kemampuan berfikir) yuk. Beda perempuan laki-laki dari sisi Kognitif,
1.      Kecerdasan. Siapa kira-kira yang IQ-nya lebih tinggi? Ternyata IQ perempuan sama tingginya kok dengan IQ laki-laki.
2.      Daya Ingat. Siapa yang memorinya lebih bagus? Ternyata perempuan, karena perempuan suka memperhatikan secara detil
3.      Ketrampilan bahasa. Siapa yang lebih trampil berbahasa? Soal bicara, relatif sama. Tapi soal menulis, perempuan terbukti lebih oke. Lebih okenya kayak gimana? Lebih rapi tulisannya. Soal isi tulisannya sih sama aja bagusnya. Beda perempuan laki, Anak laki-laki lebih banyak alami gagap & disleksi/kesulitan membaca daripada perempuan. Coba tebak, siapa yang lebih cerewet? Ternyata jumlah kata per hari yang diucapkan perempuan dan laki-laki sebetulnya setara, perempuan tidak lebih cerewet kok :D
4.      Kemampuan spasial, alias pemahaman jarak, bentuk, termasuk baca peta. Ketebak laki-laki lebih jago daripada perempuan.
5.      Kemampuan matematikanya gimana? Ternyata secara umum sama pintarnya lho perempuan & laki-laki dalam matematika.
Nah, tadi perbedaan perempuan dan laki-laki dari sisi kognitif. Sekarang gimana bedanya dalam emosi, perilaku dan kepribadian. Yuk cek truss.. beda perempuan dan laki-laki dari sisi Emosi,
1.      Ekspresi, kalau anak batita, ternyata sama aja tuh ekspresifnya baik anak perempuan maupun anak laki-laki. Kalau udah lebih gede gmana? Ternyata anak laki-laki & laki-laki remaja & dewasa lebih jaim untuk ekspresikan takut dan sedih.
2.      Cara mengatasi stres. Siapa yang lebih mampu? Ternyata perempuan dan laki-laki sama-sama mampu kok, caranya aja yang beda. Perempuan biasanya atasi stres dengan curhat sama teman, sementara laki-laki dengan mengalihkan diri ke aktivitas lain. Kita bisa aja memaksakan cara kita mengatasi stres yang ternyata malah bikin stres nambah :D
3.      Merespon Emosi. Ketebak, perempuan cenderung lebih sensitif terhadap emosi orang lain sehingga bisa merespon lebih tepat.
4.      Memahami sudut pandang oranglain. Perempuan cenderung lebih baik, karena lebih sensitif terhadap perbedaan.
Beda perempuan dan laki-laki dari sisi Perilaku,
1.      Menolong. Siapa yang lebih suka menolong? Ternyata baik perempuan dan laki-laki sama suka menolong, Cuma beda caranya. Perempuan menolong secara emosional, misalnya dengan dengarkan curhat/memperhatikan; laki-laki dengan selamatkan dari berbagai kekerasan.
2.      Permainan fisik. Siapa yang lebih suka? Laki-laki tentunya, minatnya terhadap permainan yang gunakan kekuatan fisik lebih besar.
3.      Pengambilan resiko. Siapa yang lebih berani? Secara umum sih laki-laki lebih berani ambil resiko daripada perempuan.
4.      Agresif. Siapa yang lebih agresif? Laki-laki lebih agresif secara fisik & verbal, perempuan verbal misalnya gosipin teman.
5.      Kenakalan sampai kriminalitas. Siapa yang lebih banyak? Yup, anda benar laki-laki lebih sering terlibat daripada perempuan.
Beda perempuan dan laki-laki dari sisi Kepribadian
1.      Temperamen. Ada yang easy going, ada yang sulit, ada yang ‘lambat panas’. Ternyata perempuan & laki-laki relatif sama.
2.      Kepercayaan diri. Siapa yang lebih PD? Sama saja sih, tapi ketika berkaitan dengan tubuh, laki-laki lebih PD daripada perempuan.
3.      Gangguan psikologis. Siapa yang lebih banyak mengalami? Ternyata ada gangguan yang lebih banyak di alami perempuan, dan ada gangguan yang lebih banyak di alami laki-laki. Yang lebih banyak dialami perempuan, misalnya gangguan kecemasan, rett’s syndrome (sejenis autisme), gangguan makan seperti anoreksia/bulimia, gangguan depresi. Sementara itu yang lebih banyak di alami laki-laki, misalnya disabilitas intelektual/IQ sangat rendah, kesulitan membaca, gagap, autisme, ADHD, kenakalan.
Itulah bedanya perempuan dan laki-laki menurut penelitian-penelitian yang dirangkum oleh Blakemore, Berenbaum & Liben (2009) “Gender Development”. Namanya juga hasil penelitian, bisa aja beda dengan kondisi Anda. Lha, namanya juga penelitian toh beda subyek bisa beda hasil, tapi bisa beri gambaran. Semoga bermanfaat...


Sumber: @AnnaSurtiNina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar