expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Jumat, 18 Oktober 2013

Tips Mengatasi Ngantuk Saat Kuliah


         Mengantuk saat kuliah adalah hal yang sudah tidak asing lagi bagi kaum mahasiswa, dari kaum wanita sampai kaum pria sampai kaum waria. (#eehhh) Mengantuk itu bisa diartikan berasa hendak tidur, di mana mata yang kita miliki (bukan mata kaki) sangat berat dan tidak mampu mengangkat beban mata yang begitu beratnya seberat butiran debu.
 

          Mengantuk saat kuliah itu disebabkan oleh beberapa hal, misalnya begadang ngerjain tugas (bagi yang rajin belajar), begadang facebookan (bagi yang rajin online) dan begadang untuk sekedar begadang dan tidak melakukan apa-apa.

          Kalopun ngikutin nafsu buat tidur saat jam kuliah pas lagi ngantuk, resikonya kita bakal ketinggalan materi yang sedang dijelaskan, tapi kalo maksa buat nyimak materi, percuma juga karena kalo ngantuk otak kita sulit memproses apa yang dijelasin dosen.

          Supaya hal serupa tidak terjadi pada sobat-sobat, rugi kan kita sudah mahal-mahal bayar kuliah, tapi ngantuk ga dapet deh ilmunya, maka berikut tips supaya tidak mengantuk di dalam kampus : 

  1. Niat disertai doa untuk belajar atau kuliah.
    Bulatkan tekadmu sebelum berangkat ke kampus, bahwa kita akan kuliah dengan baik diiringi dengan doa supaya ilmu yang diberikan oleh pengajar bisa kita serap dengan baik. Dengan niat yang baik maka target kamu akan tercapai dalam pertemuan di kelas. Dengan membuat target, akan mengusir rasa bosan yang berujung pada kantuk.
     
  2. Duduk tegak.
    Perhatikan posisi duduk kamu. Usahakan selalu tegak. Alasannya agar peredaran darah lancar hingga ke otak. Saat posisi duduk tegak, pembulu darah utama medula oblongata bisa terbuka lebar seperti selang yang bulat. Jangan duduk terlalu menyandar atau menunduk. Posisi ini membuat
    saluran pembuluh darah 'terpencet' sehingga peredaran darah terhambat.
      
  3. Pikirkan tujuan kuliah
    Berpikirlah bahwa sobat-sobat kuliah untuk masa depan kita yang lebih baik, sehingga pikiran kita sadar bahwa untuk apa kita capek-capek kuliah dan mengeluarkan biaya yang banyak demi tujuan yang ingin kita capai.
     
  4. Makan Secukupnya
    Jangan makan atau jajan berlebihan terlalu kenyang sebelum kuliah dimulai, perut yang terlalu kenyang akan membuat kita mejadi mengantuk, namun jangan lupa makan secukupnya perut yang kosong juga membuat konsentrasi belajar menurun kemudian minum air putih secukupnya, supaya badan kita segar.
     
  5. Pilih posisi tempat duduk
    Kalau anda sadar kalau memang anda hobi tidur, jangan sekali-kali duduk di belakang usahakan duduk di depan agar anda menjadi pusat perhatian dosen, dan membuat anda fokus dengn kuliah.
      
  6. Motivasi diri sendiri
    Bagi kamu yang gak mau rugi kehilangan satu detik pun pas kuliah, coba deh motivasi diri sendiri. Bilang pada dirimu “tidur pas kuliah itu merugikan loh. Jadi jangan tidur dong pliss”. Yaa.. semoga aja dengan motivasi diri sendiri kamu jadi semangat belajar dan gak jadi ngantuk.
  7. Siapkan Permen
    Makan permen bisa untuk mengusir rasa kantuk, karena mulut kita aktif untuk mengemut permen. Rasa manis pada permen akan memberikanmu energi jangka pendek. Tetapi, hati-hati jika dosenmu melarang makan permen saat di dalam ruang kuliah.
  8. Tulis atau gambar sesuatu di buku catatanmu.
    Bikin corat-coret nggak jelas kalau nggak tau pengen nulis apa. Yang penting lakuin aja.
  9. Cuci Muka
    Ya karena kondisi di kelas pengap dan sumpek, kamu perlu cari udara segar untuk mengembalikan rasa fokusmu. Coba deh izin ke toilet pas jam kuliah buat cuci muka atau sekedar menghirup udara segar di luar kelas, dijamin kamu gak bakal ngantuk lagi.
  10. Aktif dikelas
    Hmmm.. daripada ngantuk gak jelas dan ketinggalan materi, mending kamu aktif bertanya deh sama dosenmu mengenai meteri yang disampaikan. Dijamin kamu yang tadinya ngantuk langsung melek kalo udah bertanya sama dosen tuh.
     
  11. Minum
    Bisa juga sih ngilangin ngantuk dengan banyak minum. Minumannya bisa air mineral, air beraroma, air berelektrolit, jus, susu, teh, bahkan kalo bisa sih kopi supaya mata bisa melek, hhi. Tapi jangan banyak-banyak minum juga ya.. nanti kamu sering bolak-balik toilet lagi. Hhi..
  12. Dicubit
    Aaaww.. emang sih menyakitkan, tapi manjur juga loh. Yaa karena sakitnya itu makanya kita melek. Tapi… resikonya siap-siap tangan kita jadi pada biru-biru akibat dicubit. Hhi..
     
  13. Dikagetin
    Tau nggak, kalo kita lagi ngantuk terus dikagetin tuh jantung kita langsung berkontraksi secara cepat kan, dan itu ampuh buat ngilangin ngantuk tau.. cobain deh, tapi ya jangan minta temen kamu buat ngegetin kamu. Soalnya mana bisa kamu kaget kalo kagetnya dibuat-buat. Haha..
  14. Jailin teman
    Haha.. kedengarannya sih sadis ya.. tapi kalo kita hobi jailin orang, hal ini bisa menghilangkan rasa nagntuk juga loh. Kaloo udah ailin temen, kita pasti ketawa tuh. Dan ilang deh ngantuknya.
  15. Perhatiin temen kamu yang lagi tidur
    Nah, cara ini ampuh loh. Coba deh liatin temen kamu yang lagi tidur posisinya kayak gimana. Banyak banget referensi posisi tidur yang bakal kamu dapet dari temen-temen kamu itu. Dan pasti kamu bakal ngakak kalo liat posisi tidur mereka. Karena kebanyakan posisi tidur mereka itu lucu dan bikin ngakak, terus buat kamu melek dan akhirnya terhindar dari ngantuk deh..
     
  16. Tarik nafas dalam-dalam
    Tarik nafas dalam-dalam dan berusaha merelaksasi diri sendiri juga bisa menghilangkan ngantuk loh.
     
  17. Main games
    Haha.. main games nya gak usah sampe bawa PS segala.. kamu bisa main game di handphone atau bisa juga main Bingo. Eitsss.. jangan sampe keterusan juga tapi mainnya, inget… Fokus belajar.
  18. SMSan
    Hhe, terdengar agak sedikit mmmmm…. gitu sih. Tapi apa salahnya buat SMSan buat ngilangin rasa jenuh dan bete karena ngantuk di kelas. Tapi… gak usah keterusan juga. Kamu kan lagi belajar, masa malah jadinya SMSan sih…
  19. Mendengarkan musik lewat dengan headset & Belajar sambil Online.
    Putar musik kesukaan kamu. Ini cara membuat seru suasana hati untuk belajar.

    Online di internet sangat bermanfaat jika digunakan untuk tujuan positif. Salah satunya saat belajar. Anda bisa belajar sambil membuka status Facebook, Twitter dan sejenisnya. Dengan banyak itung-itung bisa diajak diskusi tentang pelajaran yang dibahas
Nah, Kalau semua ini tidak bisa anda lakukan, dan anda tetap selalu mengantuk saat mengikuti kuliah maka cuma satu hal yang saya ingin sampaikan "ZzZZzzzzzzzzZzzzZZz" dan taruh HP disamping mulut, biar baterainya penuh..,,  (#eehh,hehhe) itulah pesan saya dalam versi tidur hehe, maksudnya kalau anda sangat mengantuk saat kuliah dan tidak tahu berbuat apa-apa lagi untuk mengatasai rasa kantuk anda saat kuliah satu hal yang harus kerjakan "pulanglah ke rumahmu dan tidurlah".

Semoga bermanfaat..,, ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar