expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Selasa, 22 Oktober 2013

Jenis-Jenis Layanan Bimbingan dan Konseling Islam



Jenis-jenis layanan yang ada dalam bimbingan dan konseling antara lain sebagai berikut:
a)      Layanan Orientasi, yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik (klien) memahami lingkunganya seperti sekolah yang baru dimasukinya. Layanan orientasi ini ditujukan kepada siswa baru dan untuk pihak lain tertutama orang tua atau wali siswa guna memberikan pemahaman dan penyesuaian diri siswa terutama terhadap lingkungan sekolah yang baru dimasukinya.
b)      Layanan informasi, yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik (klien) menerima dan memahami berbagai informasi (seperti: informasi pendidikan, informasi karier), yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan untuk kepentingan peserta didik (klien). Layanan ini bertujuan untuk membekali individu dengan berbagai pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai hal yang berguna untuk dirinya.
c)      Layanan penempatan dan penyaluran, yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik (klien) memperoleh penempatan dan penyaluran yang tepat (misalnya: penempatan dan penyaluran di dalam kelas, kelompok belajar dan lainnya) yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat serta kondisi pribadi.
d)     Layanan pembelajaran, yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik (klien) mengembangkan diri dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, serta berbagai aspek tujuan dan kegiatan belajar lainnya.
e)      Layanan konseling perorangan, layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik (klien) mendapat layanan langsung tatap muka (secara perorangan) dengan guru pembimbing dalam rangka pembahasan dan pengentasan permasalahan pribadi yang dialaminya.
f)       Layanan bimbingan kelompok, layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama melalui dinamika kelompok memperoleh berbagai bahan dari berbagai narasumber tertentu (terutama dari guru pembimbing) dan membahas secara bersama-sama pokok bahasan tertentu guna menunjang pemahaman kehidupannya sehari-hari atau perkembangannya dalam kehidupan sehari-hari.
g)      Layanan konseling kelompok, layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik (klien) memperoleh kesempatan untuk membahas dan mengentaskan permasalahan yang dialaminya melalui dinamika kelompok, masalah yang dibahas itu adalah masalah pribadi yang dialami masing-masing anggota kelompok.

1 komentar: