expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Minggu, 15 Maret 2015

Bimbingan Rohani: Sehat dan Sakit

Sehat merupakan sebuah keadaan yang tidak hanya terbebas dari penyakit akan tetapi juga meliputi seluruh aspek kehidupan manusia yang meliputi aspek fisik, emosi, sosial dan spiritual. WHO (1947) : Sehat itu diartikan bahwa suatu keadaan yang sempurna baik secara fisik, mental dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. UU No.23,1992 tentang Kesehatan : Kesehatan adalah keadaan  sejahtera  dari  badan,  jiwa  dan  sosial  yang  memungkinkan  hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Definisi WHO tentang sehat mempunyai karakteristik berikut yang dapat meningkatkan konsep sehat yang positif (Edelman dan Mandle. 1994):
  1. Memperhatikan   individu sebagai sebuah sistem yang menyeluruh.
  2. Memandang sehat dengan mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal.
  3. Penghargaan terhadap pentingnya peran individu dalam hidup.
Seseorang  dikatakan  sehat  apabila  ia  memiliki  tubuh  jasmaniah  yang sehat, tidak berpenyakit, gizi yang baik, psike (mental) rukhaniyah yang tenang, tidak gelisah, mempunyai kedudukan sosial yang baik, mempunyai kehidupan danrumah berlindung,  serta dihargai sebagai  manusia.
Sakit adalah keadaan dimana fisik, emosional, intelektual, sosial, perkembangan, atau seseorang berkurang atau terganggu, bukan hanya keadaan jadinya proses penyakit. Oleh karena itu sakit tidak sama dengan penyakit. Perilaku sakit merupakan perilaku orang sakit yang meliputi:
  1. cara seseorang  memantau tubuhnya;
  2. mendefinisikan dan menginterpretasikan gejala yang  dialami;
  3. melakukan upaya penyembuhan; dan penggunaan sistem pelayanan  kesehatan.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU SAKIT DAN TINDAKAN KESEHATAN
  1. FAKTOR INTERNAL
A.    Persepsi individu terhadap gejala dan sifat sakit yang dialami, Misal : Takut terhadap hasil lab.
B.     Asal atau Jenis penyakit
Syariat Islam membagi tipikal orang sakit menjadi tiga tipe atau tiga bagian : 
 1. Orang yang sakit ringan 
 2. Orang sakit  Keras 
 3. Orang yang dalam sakaratul  maut
  1. FAKTOR EKSTERNAL
A.    Praktik di Keluarga
B.     Faktor Sosio ekonomi
Variabel psikososial mencakup: stabilitas perkawinan, gaya hidup, dan lingkungan kerja
C.     Latar Belakang Budaya
Latar belakang budaya mempengaruhi keyakinan, nilai dan kebiasaan  individu, termasuk sistem pelayanan kesehatan dan cara pelaksanaan kesehatan pribadi bimbingan rohani Islam diberikan kepada orang sakit dengan tujuan: 
- Menyadarkan penderita agar dapat memahami menerima cobaan yang sedang dideritanya dengan rasa ikhlas
- Ikut serta memecahkan dan meringankan masalah kejiwaan yang sedang dideritanya.
- Memberikan pengertian dan bimbingan kepada penderita dalam melaksanakan kewajiban keagamaan harian yang harus dikerjakan dalam batas kemampuannya.

PROBLEM BIMBINGAN BAGI TIGA TIPE ORANG SAKIT
1.      Orang yang sakit ringan umumnya memiliki masalah serius dalam komunikasi karena  indra pendengaran penglihatan, dan  pengucapan tak  memiliki masalah. Akan tetapi kondisi psikis dan sifat dasar alami pasien  menjadi faktor kedua dalam proses konseling.
2.      Tipe  sakit keras./ tipe kedua umumnya pasien kondisi kritis   umumnya berada di ICU, pasien pasca  operasi dan pasien  yang divonis  dengan  penyakit menahun    (TBC, tumor, kanker.dll).
Pada pasien tipe kedua, jangan dulu berharap menjalin komunikasi langsung dan aktif pada  pertemuan pertama kali, hubungan yang intens dan berkelanjutan menjadi kunci dalam proses  konseling tipe kedua.

3.      Pasien fase atau tipe ketiga, penanganan pasien haruslah sesuai dengan  syari’at islam, proses talqin harus tetap diupayakan seiring  bantuan CPR,  kejut listrik, tidak mengganggu proses talqin untuk pasien.

2 komentar:

  1. I tried titanium fat bike in the store
    › titanium-fat-bike- titanium bracelettitanium legs titanium-fat-bike- › titanium-fat-bike- Nov 22, 2016 — microtouch titanium Nov 22, 2016 The titanium fat bike is perfect for a babyliss pro nano titanium curling iron bike enthusiast who has no interest in other things but simply wanting to try out camillus titanium it.

    BalasHapus