expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 09 Maret 2015

Hutan Pinus Imogiri Bantul

Haaiii..haaiii..,, Kesempatan kali ini saya akan menceritakan sedikit tentang Mbolang saya ke Hutan Pinus Imogiri Bantul.
Hutan pinus dengan pohonnya yang rimbun dan menjulang tinggi serta desiran angin yang berhembus laksana music alami bisa kita temui di desa Muntuk Dlingo Bantul Yogyakarta ,tepatnya di jalan yang menghubungkan antara Imogiri dengan Dlingo Bantul. Hutan pinus Dlingo (Hutan sudimoro) berada di jalur Dlingo dan Imogiri. Hutan ini termasuk Kawasan hutan lindung di Kabupaten Bantul berada di RPH Mangunan. Lokasi hutan pinus bisa ditempuh lewat jalan Yogya –Imogiri yang membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Sesampai di Imogiri kita menuju jalan Imogiri –Dlingo dengan jalan yang menanjak serta berkelok-kelok.
Hutan Pinus Imogiri adalah sebuah hutan homogen yang didalamnya banyak sekali ditumbuhi pepohonan pinus. Saat ini, tempat tersebut memang sedang nge-hits di kota Jogja khususnya. Sehingga, sewaktu kesana mungkin akan bertemu dengan banyak pengunjung lainnya yang sedang asyik berfoto ria. Untuk itu, hal terpenting yang harus dipersiapkan ketika akan kesana yaitu kamera dengan hasil foto yang bagus. Agar foto-foto yang kamu ambil bisa di-share di media sosial maupun untuk koleksi pribadi. Asal kamu tahu, untuk masuk kedalam hutan pinus kamu tidak dikenakan biaya retribusi. Hanya sekedar membayar biaya parkir kendaraan sebesar 3000 rupiah untuk parkir motor, dan 5000 untuk kendaraan roda empat. Meskipun gratis, pengunjung tetap harus menjaga kelestarian hutan pinus. Karena lokasinya yang jauh dari jalan raya, untuk menuju kesana tidak terdapat transportasi umum. So, buat kamu yang ingin kesana usahakan bawa kendaraan pribadi. Meskipun kamu belum tahu arah jalan menuju kesana, jangan khawatir karena banyak plang petunjuk arah menuju ke hutan pinus tersebut. Jalan menuju kesana juga mulus dan beraspal meskipun berkelok-kelok. Jika melintasi jalanan kesana pada sore maupun malam hari, usahakan lebih berhati-hati dan senantiasa menyalakan lampu kendaraan. Karena, disekitar jalanan jarang sekali terdapat lampu penerangan. jarak lokasi hutan pinus dengan rumah warga juga agak berjauhan. Disarankan untuk membawa makanan dan minuman dari rumah, karena disana jarang ada orang yang berjualan.








Selain menyuguhkan pemandangan yang epic dengan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi, udara disana juga sejuk bebas dari polusi. Sehingga tempat tersebut cocok untuk merefresh otak dan pikiran yang sudah penat dengan rutinitas. Tempat ini banyak dikunjungi kawula muda karena mereka memang sengaja kesana untuk hunting foto, baik foto untuk koleksi pribadi maupun foto profesional. Dengan background hutan pinus yang indah, menjadikan foto yang dihasilkan semakin artistik. Apalagi dengan wilayah hutan yang cukup luas, hutan tersebut bisa dijadikan tempat yang pas untuk mengadakan suatu acara maupun hanya sekedarnongkrong bersama teman-teman atau komunitas. Dan yang harus diperhatikan yaitu jangan membuang sampah sembarangan. Kita sebagai pengunjung harus menjaga kelestarian hutan serta kebersihannya. Sampah yang kita bawa harus dibawa pulang kembali. Syukur-syukur jika mau memunguti sampah yang ada disana juga. Dengan begitu hutan pinus tersebut senantiasa terjaga keindahannya dan kelestariannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar