expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 04 Februari 2015

Kalibiru dan Waduk Sremo Kulonprogo

Kalibiru Kulonprogo, yyuuppss kado ulang tahun yang ke 21. Meskipun kita belum tau jalan pasti untuk sampai ke kalibiru, tapi tak apalah hajar saja... hehhehe
Arah ke Kalibiru dari Klaten
Kami berangkat jam 9 pagi, untuk menghindari aktifitas lalu lintas yang kemungkinan lebih padat. Berikut jalur yang kami lalui:
Jalan Jogja Solo (Klaten) – Sampai Janti Jogjakarta ambil kiri- Ringroad (ambil jalan ke arah Purworejo)- setelah habis ringroad, ambil kiri- jalan wates/Purworejo-setelah terminal kecil, ada pertigaan ambil kanan ke arah sermo- ikuti jalur beraspal, sampai jalan sampingnya tebing dan memasuki hutan, di dalam hutan ada jalan bercabang ambil kiri, setelah keluar hutan ambil kanan- kita akan melewati waduk sremo yang menjadi background di kalibiru- ikuti jalan beraspal di tepi waduk, sampai ada petunjuk kalibiru untuk memasukki desanya. Setelah masuk desanya, ikuti penunjuk arah ke kalibiru di jalur aspal kecil tesebut-kalibiru.
Medan Jalan ke Kalibiru
Medan jalan dari Klaten ke Kalibiru tidak begitu berat. Malah bisa dibilang mulus-mulus saja. Hanja saja nanti kalau sudah mendekati area wisata, yaitu setelah memasuki desa wisata tersebut medan mulai naik turun. Disarankan pengemudi yang sudah mahir. Tanjakan lumayan tinggi, dan turunan lumayan curam khususnya arah balik atau menuju ke waduk sremonya. Tidak begitu panjang medan krusialnya sih, tapi rem harus bener-bener cakram. Keamanan number one, yyeeaahhh !!!
Harga Tiket Masuk Wisata Kalibiru
HTM wisata Kalibiru masih tergolong murah, hanya Rp. 5000,- saja. Untuk wahana flying fox dan jembatan gantung dihargai Rp. 25.000,-. Sedangkan untuk naik ke papan kayu diatas pohon saja yang menjadi spot favorite untuk ambil photo dengan background waduk sremo cukup Rp. 10.000,-. Jangan lupa sisain juga Rp. 2.000,- untuk parkir.
Dibalik Spot Favorite Kalibiru
Spot yang diburu para travellers di Kalibiru pasti papan kayu yang dipasang diatas ketinggian yang luar biasa. Sebelum kesana saya juga bayangi kalau untuk untuk menaiki papan pohon tersebut pasti butuh ratusan anak tangga. Setelah kesana, ga ada yang namanya ratusan anak tangga, yang ada hanya 20-an anak tangga untuk mencapai papan kayu tersebut. Terus kenapa bisa kesan-nya seolah-olah tinggi begitu? Tentu saja bisa, karena memang wisata kalibiru ini diatas perbukitan yang menghadap view waduk sremo.
Pondok Penginapan Kalibiru
Di kawasan wisata alam kalibiru disediakan beberapa pondok untuk menginap yang disewakan. Tetapi fasilitas yang disediakan hanya kamar mandi dan tikar saja. Untuk alas tidur yang nyaman, bantal dan yang lainnya silahkan bawa sendiri ya. Kata pengelola, biasanya pondok penginapan ramai kalau pas tahun baru.
Waduk Sremo
Kamu yang habis dari Kalibiru bisa langsung ke waduk sremo yaitu dengan cara turun langsung, yaitu ke arah  kiri dari parkiran motor. Jalan-nya gampang ikuti jalan aspal saja. Sedikit turun nanti sudah ada penunjuknya. Di waduk terlihat ada kapal yang sedang mengangkut penumpangnya. Dan yang saya suka, di waduk sremo ini tidak ada tambak ikannya. Jadi waduk terlihat bersih.
Ni foto-foto kemaren..,,

Aayyooww pada nyusul ya...