expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Minggu, 15 Februari 2015

Gunung Gandul Wonogiri


Hhaalloo..hhaalloo..,, Kesempatan kali ini, saya akan bercerita sedikit tentang oleh-oleh saya saat bersafari home ke rumah sahabat kami, Endhofari di Wonogiri. Dan saat pulang kami mampir ke Gunung Gandul Wonogiri.
Gunung Gandul termasuk gugusan gunung seribu terletak di Kelurahan Giriwono, Kabupaten Wonogiri yang berjarak kira-kira 3 km dari pusat kota atau kurang labih 15 menit jika ditempuh perjalanan darat. Selama perjalanan menuju puncak Gunung Gandul, anda akan disuguhi oleh pemandangan alam yang masih hijau dan berbagai jenis pepohonan juga ada di sini. Jika kita sudah mencapai puncak gunung maka sajian pemandangan luas dapat kita nikmati. Dari puncak kita dapat melihat pemandangan Kota Wonogiri dan Waduk Gajah Mungkur nan indah.
Gunung gandul sebagai gardu pandang Kabupaten Wonogiri. Pengunjung di lokasi itu dapat menikmati keindahan alam sekaligus panorama Kabupaten Wonogiri. Gunung Gandul juga dijadikan wisata religi umat katolik. Setiap kali prosesi Jalan Salib Yesus Kristus digelar di Gunung Gandul, Wonogiri, selalu saja dipadati ribuan umat Katolik dari berbagai daerah, tidak terkecuali Datang dari Solo dan sekitar, Salatiga, Semarang, Yogyakarta, dan bahkan Jakarta itu, mereka mengikuti jalan salib dengan khusuk.
Sepanjang perjalanan ke puncak gunung selain ada pohon dan tanaman hijau, saya bisa menikmati pemandangan batu berukuran besar yang bentuk serta warnanya unik. Di balik tanaman hijau, tampak perumahan, sawah, sungai dan genangan air waduk yang berada di bawah gunung. Jika sedang beruntung pengunjung juga bisa melihat monyet bergelantungan di pohon.
Namun sayang, kurangnya perhatian dari pemerintah setempat menjadikan obyek wisata ini seakan tak terawat. Kondisi ini menjadikan Gunung Gandul tidak lagi didatangi wisatawan dari berbagai daerah, hanya para muda-mudi sekitar saja yang datang ke tempat ini untuk sekedar menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Warga berharap potensi wisata Gunung Gandul kembali dioptimalkan, peran serta Pemerintah Kabupaten sangat diharapkan untuk kembali membangun obyek wisata nan cantik ini. Selain itu berkembangnya sebuah obyek wisata juga dapat membantu menumbuh kembangkan perekonomian warga setempat.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar