expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 23 Februari 2015

Curug Lawe dan Benowo Ungaran

Liburan kali ini saya berpetualang ke Air trejun yang berada di Ungaran. Di sekitar Gunung Ungaran, banyak terdapat air terjun, salah satunya adalah Curug Lawe. Curug Lawe terletak di Desa Kalisidi, Kabupaten Semarang. Pemandangan di Curug Lawe akan menghapus kelelahan yang ada.
Perjalanan menuju ke Curug Lawe cukup mudah. Rute yang saya lewati dari Klaten yaitu, melewati jalan raya Solo-Semarang . setelah itu, kita bisa melewati jalan Raya Gunungpati. Setelah itu kita bisa mencari petunjuk arah menuju ke Curug Lawe, kemudian kita akan melewati Desa Kalisidi. Dari jalan raya, dibutuhkan waktu 20 menit untuk mencapai pintu masuk air terjun. Di pintu masuk, kita hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp 4.000/orang. Dan parkir sepeda motor Rp 2.000/motor


Jalur menuju air terjun atau curug cukup jauh, yaitu sekitar 1-1,5 jam perjalanan. Jalur yang dilewati cukup bervariasi, mulai dari aliran sungai, jembatan kayu, hingga menyeberang ke sungai. Pemandangan di Curug Lawe juga bagus. Debit air terjun juga sangat deras. Apalagi ketika musim hujan. Oleh karena itu tidak disarankan untuk berenang di bawah air terjun.







Jalan pertama yang kita lewati adalah jalan saluran air. Jalur ini cukup menyenangkan, karena kita bisa menikmati aliran air sungai. selain itu kita juga bisa menikmati pemandangan hijaunya hutan. Nantinya kita juga akan melewati jembatan kayu. Jembatan kayu ini diberi nama Jembatan Romantis. Sebaiknya Anda berfoto di jembatan ini, karena pemandangannya sangat bagus. Batas dari jalur ini adalah sebuah bangunan tempat pengaturan debit air.








Jembatan Romantis

Jembatan Romantis





Setelah jalur aliran air, kita akan melewati jalan setapak. Kita hanya perlu mengikuti petunjuk arah saja. nantinya kita akan menjumpai jalan percabangan yang membagi jalur menjadi dua. Yang pertama menuju Curug Benowo, dan yang kedua menuju ke Curug Lawe. Kebetulan saya menuju ke Curug Benowo terlebih dahulu sebelum menuju ke Curug Lawe. Perjalanan ke Curug Benowo juga masih berupa jalan setapak.
Curug Benowo

Curug Benowo

Curug Benowo

Curug Benowo

Setelah sampai di Curug Benowo, kita bisa langsung menuju ke Curug Lawe tanpa harus kembali ke jalur percabangan tadi. Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk bisa mencapai Curug Lawe. Jalur yang dilewati juga berupa jalan setapak berpasir. Setelah itu, kita juga akan menyusuri aliran sungai. Sungai cukup dangkal, sepanjang aliran sungai banyak ditemui batang pohon yang tumbang. Bagi saya, hal itu menambah kesan natural yang ada di air terjun ini.
Curug Lawe


Curug Lawe

Setelah melewati aliran sungai, kita akan sampai di Curug Lawe. Pemandangan Curug Lawe sangat indah, disertai debit air yang jatuh cukup deras. Curug Lawe berada dalam tebing yang melingkar. Dibandingkan dengan Curug Benowo, pemandangan Curug Lawe lebih eksotik. Seakan-akan memberikan pesona pada pandangan Anda.
Disana juga dapat kita temui, seperti
Pohon Sandal

Warung Primitif

Capung

Dan pesan saya, kalau mau ke Curug Lawe dan Benowo, tetap berhati-hati dan jagalah kebersihan..,,



1 komentar: