expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 23 Februari 2015

Gondang Winangoen Klaten

Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang wisata saya ke Gondangan Winangoen. Tempat ini berada di jalan Solo-Jogja yang tepatnya ada di Desa Gondang Baru Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten.
Agrowisata Gondang Winangoen ini menawarkan berbagai wahana dan obyek wisata menarik dengan nuansa historis yang dipadukan oleh unsur rekreasi dan edukasi. Wisata yang ditawarkan meliputi water park, water slide, flying fox, spyder web, kids zone, jembatan gantung, adventure area, agro therapy, marine brige, wall climbing. Tiket masuk ke agrowisata ini cukup murah karena hanya Rp. 3.000,00. Tetapi, jika ingin memasuki berbagai wahana rekreasi ditariki tarif masuk yang berbeda-beda seperti water park Rp. 5.000,00, water slide Rp. 5.000,00, kids zone Rp. 3.000,00, agro therapy Rp. 3.000,00, dan sebagainya.
Dalam area wisata agro therapy disini disediakan beberapa kolam untuk melakukan terapi dengan ikan-ikan yang telah disediakan. Dalam terapi pun tidak dibatasi oleh waktu, sehingga jika menginginkan bisa terapi seharian dalam area tersebut. Selain dengan terapi ikan juga terdapat berbagai macam jenis tumbuhan untuk kesehatan. Sehingga area itu bisa juga disebut dengan area kesehatan. Selain itu jika para wisata yang ingin mengelilingi area pabrik bisa dengan menggunakan loko uap dengan tarif yang ditawarkan Rp. 8.000,00 sedangkan loko diesel Rp. 5.000,00. Tetapi, pada saat saya berkunjung ke agrowisata tersebut loko tersebut sedang tidak beroperasi dikarenakan tidak bersamaan dengan hari libur.
Para pengelola juga menyediakan berbagai macam fasilitas untuk para pengunjung, seperti: home stay yang awalnya digunakan menjadi rumah dinas. Namun, pada saat ini disewakan untuk masyarakat luas yang digunakan rapat ataupun pernikahan sampai acara penting. Dengan bangunan arsitektur zaman kolonial maka orang lebih suka menyewa tempat ini untuk mengadakan berbagai acara. Seperti halnya dengan auditorium yang daya tampungnya besar juga digunakan untuk acara-acara penting.
Museum steam loco, didalamnya terdapat berbagai macam koleksi kereta kuno yang dahulu dimanfaatkan sebagai alat angkut tebu yang akan digiling. Tetapi, beberapa diantaranya juga masih berfungsi dengan baik dan dijadikan alat transportasi untuk keliling pabrik bagi pengunjung seperti loko uap dan loko diesel. Dan juga terdapat “Rest Area” yang biasanya digunakan oleh para pengendara jarak jauh untuk beristirahat. Biasanya disaat lebaran dibuat pos-pos yang disediakan untul para pemudik dari luar kota.
Selain itu, juga terdapat D’Gonba resto (Banaran) yang menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Sehingga saat berkunjung terasa lapar ataupun haus tidak perlu susah-susah untuk mencari makan atau minum. Di D’Gonba resto juga menyediakan kopi kaligua, teh banaran, dan gua tebu yang semuanya asli dari produksi PG Gondang Winangoen. Dan juga terdapat souvenir center untuk mencari oleh-oleh khas dari kota Klaten.

Agrowisata Gondang Winangoen ini juga bisa untuk kegiatan outbound bagi para wisatawan. Biasanya juga digunakan untuk foto pembuatan album kenangan dan juga foto prawedding. Apabila berkunjung kesini tidaklah menyesal dengan suasana sejuk oleh pepohonan dan rumput hijau yang menghiasi tempat wisata ini. Sehingga sangat cocok untuk berlibur dengan keluarga atau teman.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar