Jenis-jenis layanan
yang ada dalam bimbingan dan konseling antara lain sebagai berikut:
a) Layanan
Orientasi, yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta
didik (klien) memahami lingkunganya seperti sekolah yang baru dimasukinya.
Layanan orientasi ini ditujukan kepada siswa baru dan untuk pihak lain tertutama
orang tua atau wali siswa guna memberikan pemahaman dan penyesuaian diri siswa
terutama terhadap lingkungan sekolah yang baru dimasukinya.
b) Layanan
informasi, yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta
didik (klien) menerima dan memahami berbagai informasi (seperti: informasi
pendidikan, informasi karier), yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan
dan pengambilan keputusan untuk kepentingan peserta didik (klien). Layanan ini
bertujuan untuk membekali individu dengan berbagai pengetahuan dan pemahaman
tentang berbagai hal yang berguna untuk dirinya.
c) Layanan
penempatan dan penyaluran, yaitu layanan bimbingan dan konseling yang
memungkinkan peserta didik (klien) memperoleh penempatan dan penyaluran yang
tepat (misalnya: penempatan dan penyaluran di dalam kelas, kelompok belajar dan
lainnya) yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat serta kondisi pribadi.
d) Layanan
pembelajaran, yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta
didik (klien) mengembangkan diri dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik,
serta berbagai aspek tujuan dan kegiatan belajar lainnya.
e) Layanan
konseling perorangan, layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta
didik (klien) mendapat layanan langsung tatap muka (secara perorangan) dengan
guru pembimbing dalam rangka pembahasan dan pengentasan permasalahan pribadi
yang dialaminya.
f) Layanan
bimbingan kelompok, layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan sejumlah
peserta didik secara bersama-sama melalui dinamika kelompok memperoleh berbagai
bahan dari berbagai narasumber tertentu (terutama dari guru pembimbing) dan
membahas secara bersama-sama pokok bahasan tertentu guna menunjang pemahaman
kehidupannya sehari-hari atau perkembangannya dalam kehidupan sehari-hari.
g) Layanan
konseling kelompok, layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta
didik (klien) memperoleh kesempatan untuk membahas dan mengentaskan
permasalahan yang dialaminya melalui dinamika kelompok, masalah yang dibahas
itu adalah masalah pribadi yang dialami masing-masing anggota kelompok.
Baik, dan perlu pengembangannya
BalasHapus