expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 05 Maret 2014

Tips Presentasi Lancar dan Sempurna

Melakukan suatu presentasi kuliah ataupun kerja di hadapan teman, dosen ataupun atasan dan juga kolega bukanlah suatu hal yang sangat mudah untuk sebagian orang. Tidak sedikit juga orang yang merasa ketakutan untuk melakukannya. Berbagai perasaan dirasakan seperti grogi, takut membuat kesalahan pada saat berbicara hingga lupa terhadap topic yang akan dibicarakan bercampur manjadi satu.
 
Oleh sebab itu, persiapan dengan matang merupakan salah satu kunci keberhasilan di dalam melakukan suatu presentasi. Seperti yang akan kami bahas kali ini ialah beberapa trik supaya presentasi Anda berjalan sempurna.

Persiapkan semua materi juga perlengkapan presentasi
Sebelum Anda akan melakukan presentasi, sebaiknya Anda mempersiapkan semua materi yang akan disampaikan terlebih dahulu. Kemudian periksalah semua kelengkapan yang akan di bawa seperti laptop, file presentasi dan persiapan yang lainnya. Salah satu alasan orang-orang merasa takut ketika harus melakukan presentasi ialah karena kebanyakan dari mereka takut tidak ingat materi yang akan di presentasikan. Oleh karena itu segala persiapan yang sangat matang adalah kunci untuk menghilangkan masalah tersebut. Buatlah catatan kecil yang berisikan poin yang cukup penting untuk Anda sampaikan ketika presentasi, dengan begitu Anda akan mengingat materi apa saja yang harus Anda bahas.

Lakukan latihan presentasi di rumah
Latihan presentasi ini merupakan cara yang sebaiknya Anda lakukan sebelum melakukan presentasi. Anda bisa melakukan latihan presentasi ini di depan kaca atau di depan rekan kerja anda yang lain. Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan sebab dengan melakukan latihan bisa membuat Anda lebih terbiasa untuk melakukan presentasi ini. Dengan begitu Anda akan merasa lebih baik, releks dan juga tidak grogi saat melakukan presentasi yang sebenarnya.

Mengenali siapa yang menjadi pendengar
Mengenali siapa yang menjadi pendengar sangatlah penting untuk Anda ketahui. Dengan begitu Anda bisa menyusun kalimat yang sesuai dengan pendengar untuk dipresentasikan. Dengan mengetahui siapa yang menjadi pendengar anda bisa menjadi salah satu langkah awal untuk Anda membuat mereka menjadi terpesona.

Datang ke ruangan presentasi lebih awal
Untuk melihat tata letak seperti apa, Anda di haruskan datang lebih awal dari yang telah dijadwalkan. Jika anda melakukan sebuah presentasi dengan menyajika slide, ada baiknya Anda mempersiapkan terlebih dulu. Sehingga ketika Anda dipanggil untuk segera melakukan presentasi, maka materi slide yang akan anda presentasikan telah siap.

Sederhana, tetap tenang dan yakin
Anda melakukan sebuah presentasi untuk bisa memberikan suatu informasi serta meyakinkan para pendengarnya. Oleh sebab itu, sebelum anda bisa meyakinkan para pendengar, Anda juga harus bisa menenangkan diri Anda terlebih dahulu supaya tetap relaks. Setelah itu anda harus memiliki keyakinan bahwa materi yang sedang anda sampaikan tersebut merupakan hal yang sangat penting. Pergunakanlah bahasa yang sederhana juga tidak rumit agar apa yang anda sampaikan dapat diterima oleh para pendengar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar